Home arrow B e r i t a arrow Sekretariat arrow PERINGATI HARI NUSANTARA, WAGUB SERAHKAN HADIAH
Main Menu
Home
Berita
Cari
Publikasi
Opini
Agenda Kegiatan
Info Pasar
Kontak Kami
Tentang DKP Sulteng
Sejarah
Visi Misi
Struktur
Tugas dan Fungsi
S e k r e t a r i a t
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Perikanan Budidaya
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Perikanan Tangkap
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Kelautan
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang P 2 H P
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD LPPMHP
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD Perbenihan Perikanan
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD Pelabuhan Perikanan
T u p o k s i
B e r i t a
PERINGATI HARI NUSANTARA, WAGUB SERAHKAN HADIAH PDF Cetak E-mail
Monday, 20 December 2010
 Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Achmad Yahya, SE, Jumat 17 Desember 2010 mewakili Gubernur, menjadi inspektur upacara pada Puncak Peringatan Hari Nusantara Ke-11 di Provinsi Sulawesi Tengah. Upacara tersebut dirangkaikan dengan upacara gabungan badan, dinas dan instansi lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Turut hadir sebagai peserta pada upacara tersebut, unsur Forum Pimpinan Daerah, TNI, POLRI, PNS, Perhubungan, Pelajar dan Mahasiswa serta ormas yang berjumlah sekitar 1.000 orang. Tema Peringatan hari Nusantara kali adalah “Hari Nusantara Membangkitkan Budaya Bahari”.
Menteri Kelautan dan Perikanan; Fadel Muhammad, dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Peringatan Hari Nusantara setiap tahun merupakan monumen hati yang dibangun Gus Dur untuk mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan bangsa bahari. Sekaligus bentuk penghormatan atas keberanian dan kegagahan bangsa Indonesia pada tanggal 13 Desember 1957, mendeklarasi laut pedalaman sebagai kesatuan wilayah NKRI. “Semangat bahari perlu ditransformasikan kedalam tindakan dan kegiatan ekonomi melalui “Blue Revolution” dan diejawantahkan kedalam program Minapolitan” tulisnya.
Dikatakan, Revolusi Biru (Blue Revolution) adalah perubahan mendasar cara berpikir dari daratan (Continental Base) ke kelautan (Ocean base) melalui program Minapolitan. Minapolitan sendiri merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan sistem dan manajemen kawasan dengan prinsip integrasi, efisien, kualitas, dan akselerasi yang terdiri dari sentra-sentra produksi dan perdagangan komoditas kelautan dan perikanan, jasa, perumahan dan kegiatan terkait lainnya. Diharapkan, kehidupan masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil akan bangkit dan mampu bersaing dengan masyarakat lainnya.
Fadel kembali mengingatkan, berbagai perkembangan lingkungan strategis nasional yang patut dicermati, terkait pengelolaan sumberdaya kelautan antara lain: (1) Pengakuan internasional terhadap Indonesia sebagai negara kepulauan berimplikasi strategis terhadap arah kebijakan dan strategi pembangunan nasional yang bertumpu pada geopolitik Indonesia; (2) Pola hubungan antar bangsa telah bergeser dari kepentingan politik ke arah kepentingan ekonomi, sosial, dan budaya; (3) Globalisasi bila tidak disikapi secara arif dan disiapkan secara benar dapat melemahkan identitas serta integritas bangsa, tapi juga dapat membuka peluang bagi bangsa yang dapat memanfaatkannya; serta (4) Perkembangan IPTEK dan pesatnya pertumbuhan ekonomi telah membuka peluang bagi setiap bangsa untuk meningkatkan kesejahteraannya. Akhirnya, Fadel kembali mengajak seluruh anak bangsa bersatu padu membangun Nusantara dengan melibatkan semua potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia.
Peringatan Hari Nusantara Ke-11 di Sulawesi Tengah marak dilakukan. Beberapa kegiatan yang diadakan terkait Peringatan Hari Nusantara di Sulawesi Tengah antara lain: Gerakan Bersih Pantai yang melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat; Seminar Kelautan dan Perikanan yang diprkarsai oleh STPL Palu; Lomba POKMASWAS; Lomba Menggambar dan Mewarnai tingkat TK dan SD serta Lomba Karya Ilmiah tingkat SMP. Pada puncak peringatan, diserahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba; termasuk didalamnya penyerahan hadiah dan penghargaan Adibhakti Mina Bahari, serta Tokoh Penggerak Pembangunan Perikanan Tangkap Teladan Provinsi Sulawesi Tengah yang langsung diserahkan oleh Wagub Sulteng. (SE)
 
< Sebelumnya   Berikutnya >