Home arrow B e r i t a arrow Perikanan Tangkap arrow PELATIHAN STATISTIK PERIKANAN TANGKAP PROPINSI SULAWESI TENGAH
Main Menu
Home
Berita
Cari
Publikasi
Opini
Agenda Kegiatan
Info Pasar
Kontak Kami
Tentang DKP Sulteng
Sejarah
Visi Misi
Struktur
Tugas dan Fungsi
S e k r e t a r i a t
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Perikanan Budidaya
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Perikanan Tangkap
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang Kelautan
T u p o k s i
B e r i t a
Bidang P 2 H P
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD LPPMHP
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD Perbenihan Perikanan
T u p o k s i
B e r i t a
UPTD Pelabuhan Perikanan
T u p o k s i
B e r i t a
PELATIHAN STATISTIK PERIKANAN TANGKAP PROPINSI SULAWESI TENGAH PDF Cetak E-mail
Friday, 01 October 2010
 Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi memiliki komitmen untuk menghasilkan data statistic yang berkualitas. Untuk melihat keberhasilan pembangunan yang  akan dan telah dilaksanakan, diperlukan data yang berkualitas  sehingga dapat mencerminkan keadaan sesungguhnya.  Selain itu, data merupakan basis utama dalam perencanaan pembangunan dan penentuan kebijakan. Kebijakan  tanpa didasari oleh data akan memberikan hasil yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.  Untuk mendapatkan data yang berkualitas, ada proses-proses yang harus dilaksanakan yaitu dimulai dari pemahaman materi, pelaksanaan pengumpulan data, pemeriksaan data, proses pengolahan dan pengiriman data. Dari rangkaian proses yang ada harus dilakukan dengan benar dan sesuai jadual yang ada. Data yang ada ditingkat Propinsi akan diteruskan ketingkat Nasional untuk dipublikasi secara Nasional.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Hasanuddin Atjo, MP didampingi Ir. Yohanis Riga M.Si (Kepala Bidang Perikanan Tangkap), telah membuka dengan resmi kegiatan Pelatihan Statistik Perikanan Tangkap Tingkat Propinsi di hotel Citra Mulia Palu, tanggal 22 September 2010. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3(tiga) hari diikuti oleh  petugas pengumpul/pengolah Data Statistik Perikanan Tangkap utusan dari  DKP Prop, DKP  Kab/Kota se-Sulawesi Tengah serta Petugas PPI Donggala, PPI Paranggi dan PPI Pagimana. Pada kesempatan itu Kadis Kelautan dan Perikanan Prop. Sulawesi Tengah menyajikan materi “ Kebijakan dan Peranan Data Statistik Perikanan dalam Pembangunan Kelautan dan Perikanan”. Beberapa narasumber telah hadir antara lain dari Badan Pusat Statistik Prop. Sulteng, Subdit Data Statistik Perikanan Dirjen SDI Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap serta Narasumber lainnya.
Keberhasilan dan keakuratan suatu data ditentukan  dari Petugas pengumpul  data yang  ada dikecamatan pada tiap kabupaten/kota. Ketrampilan dari petugas yang ada dikecamatan dan pengolah data ditingkat kabupaten/Kota,  sangat menentukan kualitas dari data tersebut. Untuk mengurangi kekurangan/kejanggalan dalam pengolahan data diperlukan pengetahuan untuk meningkatkan ketrampilan petugas  pengumpul dan pengolah data statistic perikanan  tangkap Propinsi dan kabupaten/Kota, maka perlu dilaksanakan peningkatan SDM bagi petugas yang ada melalui Pelatihan Statistik Perikanan Tangkap Tingkat Propinsi, ungkap Ketua Panitia Pelaksana dalam laporan   yang telah dibacakan oleh  Ir.Deborah Ch. Seke,M.Si  (selaku Kasi Sumberdaya Ikan). Dalam jadwal kegiatan para peserta melakukan  Field Trip di PPI Donggala untuk melihat dari dekat aktifitas nelayan di  sentra pendaratan ikan, serta aktifitas dari petugas pengumpul data.(DS)
 
< Sebelumnya   Berikutnya >